Daftar book publisher indonesia

Book publisher indonesia adalah lembaga atau organisasi yang menerbitkan buku - buku yang ada di indonesia.

Berikut adalah beberapa daftar book publisher indonesia:

Daftar book publisher indonesia



(1) GRAMEDIA

Penerbit ini boleh dibilang penerbit nomor wahid. Banyak penulis yang bermimpi dapat menerbitkan buku di penerbit yang berpusat di Pal Merah, Jakarta itu.

Bukan tanpa alasan. Banyak penulis yang karyanya dipublikasikan Gramedia mencetak best seller. Banyak faktor yang melatarinya. Salah satunya karena mereka memiliki jaringan toko buku terbesar di Indonesia.


Gramedia adalah bagian dari raksasa media Kompas Gramedia (KG). Ia merupakan penerbit dengan banyak lini (imprint). Lininya tersebut bahkan boleh dikata sudah bisa mandiri.


Beberapa lini penerbit gramedia adalah…


1. Penerbit utama (induknya) bernama Gramedia Pustaka Utama. Menerbitkan buku fiksi maupun nonfiksi. Banyak penulis besar yang menerbitkan tulisannya di sini. Sebut saja Goris Keraf, Ahmad Tohari, A. Fuadi, Tere Liye, Ilana Tan, Ranum Rais, Rhenal Kasali, dll. Kirim naskah ke Gramedia, kirim naskah via e-mail: fiksi@gramediapublishers.com atau nonfiksi@gramediapublishers.com


2. Elex Media Komputindo

Awalnya lini ini fokus menerbitkan buku komputer dan teknologi informasi. Lalu menerbitkan buku komik. Sekarang ke banyak jenis buku. Diantaranya buku Fenomenal 7 Keajaiban Rezekinya Ippho Santosa. Elex juga punya lini penerbitan khusus karya Islam bertajuk Quanta. Penulis andalannya antara lain Ahmad Rifai Rif’an. Kirim naskah redaksi.emk@gramediapublishers.com


3. Grasindo (fiksi & nonfiksi)


4. BIP (Bhuana Ilmu Poluler), dll


(2) MIZAN


Menyebut penerbitan Islami, nama mizan bisa dibilang yang terdepan. Mizan merupakan grup penerbitan yang berpusat di Bandung. Selain bergerak di bidang penerbitan, mizan juga bergerak dalam bidang distribusi.


Brand dan lini utama mizan antara lain.

1. Mizania


 2. Noura

Lini penerbitan ini merupakan lehuran dari beberapa penerbit sebelumnya. Fiksi dan nonfiksi. Salah satu buku yang booming adalah Sepatu Dahlan.3. Bentang Pustaka

Dulu Penerbit yang berpusat di Yogyakarta ini berdiri sendiri. Karena ada masalah finansial kemudian diakuisisi oleh Grup Mizan. Buku fenomenal nya adalah tetralogi Laskar Pelangi, perahu kertas, Galaksi Kinanthi, dll. Kirim naskah via email bentang.pustaka@mizan.com4. Asma Nadia Publishing House

Penerbit ini dulunya bermana lingkar pena Publishing house, fokus menerbitkan buku penulis anggota forum lingkar pena (flp). Karena ada masalah finansial kemudian direname menjadi Asma Nadia Publishing house. Memang sesuai namanya penerbit ini lebih banyak menerbitkan karya Asma Nadia.

5. Qanita

Lini penerbitan ini lebih fokus pada buku-buku terjemah.


(3) Agro Media Grup

Menurut pengamatan kami, grup penerbitan ini adalah penerbit yang paling banyak memiliki lini. Setiap lini punya lini (imprint) tersendiri. Berikut penjelasannya.

1. Agro media, fokus pada buku pertanian, peternakan, perikanan, dll.

2. C Publishing. Fokus ke buku psikotes, dll.

3. Gagas Media. Salah satu lini tersukses. Penerbit inilah yang melambungkan nama Raditya Dika.

4. Wahyu Media

5. Wahyu Qalbu, lini dari Wahyu Media, fokus ke buku islami

6. Bukune, lini gagas media

7. Qultum Media. Fokus ke buku islami.

8. Trans media, dll.(4) Republika Penerbit

Penerbit yang merupakan anak dari koran Republika ini bagian dari Mahaka Grup. Lininya adalah Mahaka Publisher.

Fokusnya pada buku islami. Penulis ternama dari Penerbit ini diantaranya Habibburahman El Shirazy, Tere Liye, dll. Banyak buku terbitan Republika sukses besar menjadi best seller.(5) Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Brand Tiga Serangkai lekat dengan buku pelajaran. Banyak buku produksinya dipakai di sekolah-sekolah. Meski begitu, penerbit ini juga menerbitkan buku umum. Lininya antara lain metamind dan metagraf.

(6) Erlangga

Sama seperti Tiga Serangkai penerbit ini juga dikenal sebagai pemasok bukun pelajaran andal. Meski begitu ia juga punya lini imprint untuk buku umum, yakni Esis.


(7) Andi Publisher

Penerbit yang berpusat di Yogyakarta ini awalnya banyak menerbitkan buku komputer. Namun kini lebih terbuka pada genre lain. Salah satu lininya yang terkenal adalah sheila.


(8) Diva Press Grup

Grup Penerbit ini berpusat di Yogyakarta. Pemiliknya Edi Mulyono. Lini, atau mungkin lebih tepatnya brandnya adalah dee teens, sabil, dll.


(9) Indiva Media Kreasi

Penerbit ini terbilang baru. Namun sudah eksis di belantika perbukuan Indonesia. Utamanya buku ini menerbitkan karya Afifah Afra, Riawani Elyta, dll.


(10) Media Pressindo (Medpress)

Penerbit ini juga berpusat di Yogyakarta. Menerbitkan buku umum, fiksi maupun nonfiksi. Juga menerbitkan buku Islami.


Sumber:

https://pritowindiarto.blogspot.co.id/2016/02/daftar-sepuluh-penerbit-besar-di.html

https://timur.ilearning.me/2017/12/30/10-penebit-besar-di-indonesia/


LihatTutupKomentar